Selasa, 06 Maret 2012

Latihan CFD tanggal 22-2-2012

Pada pertemuan ini, mahasiswa mencoba membuat simulasi sederhana tentang ruangan dengan ukuran panjang 10 m dan lebar 4 meter.ruangan ini terdapat inlet dan outlet, dimana kecepatan inlet yang diberikan yaitu 1 m/s. adapun langkah-langkah untuk membuat simulasi di CFDSOF sebagai berikut:
1. Dengan cara memberikan nilai input dengan cara membuat ad (atur domain) selanjutnya ud (ukuran domain). nantinya akan keluar dimensi, ukuran dimensi dan jumlah cell. pada saat mengisi dimensi akan terdapat 2 pilihan yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi, karena ini masih latihan awal maka pilihlah 2 dimensi. kemudian setelah disetting dimensi selanjutnya kita membuat ukuran dimensi, input yang kita masukkan yaitu nilai panjang 10 m dan tinggi 4 meter sedangkan lebar kita abaikan karena kita menset sejak awal 2 dimensi. lalu kita akan menset jumlah cell dengan ukuran 10x10.
2.mencoba untuk memperlihatkan simulasi awal secara sederhana dengan cara mengklik input kemudian cell dan tayang. di command cell W wall,inlet,outlet,.live dll. setelah tayang kita akan menentukan daerah inlet dan outlet yang kita tetapkan.
3. kemudian kita akan memberikan nilai konstanta berupa fisikan dan sempadan. untuk konstanta fisikan,kita memberikan nilai density dan viskositas. sedangkan untuk nilai sempadan kita akan memberikan nilai kecepatan. kecepatan yang searah dengan nilai x ditandai dengan "u" dan kecepatan yang searah dengan nilai y ditndai dengan "v". pada saat latihan diberikan kecepatan dengan searah y nilai negatif (-1 m/s)
4. kemudian setelah semua parameter input diberikan, maka selanjutnya masuk ke command "olah" lalu klik iterasi. iterasi dilakukan beberapa kali sampai nilai iterasi yang didapatkan menjadi konvergen.
5. kemudian ambil hasil klik vektor, di dalam vektor kita bisa ambil beberapa parameter utama seperti kecepatan, massa jenis, tekanan dll. ambil kecepatan lalu ambil magnitude kecepatan dan tayang......
6. Untuk membuat sekat pembatas di daerah simulasi. hal pertama yang dilakukan yaitu tidak harus mengubah parameter sejak awal yang telah dimasukan tetapi mengubah lewat input kemudian cell. lalu ambil command W-wall tayang, daerah yang akan dijadikan sebagai sekat pembatas yaitu daerah (5,1) dan (7,1) kemudian dipakai dan tayang
7. ambil hasil terus vektor dan tayang.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar