Selasa, 06 Maret 2012

Pertemuan ke-2 Komputasi Teknik 17-02-2012

Pada Kuliah komputasi teknik akan mempelajari tentang visual basic melalui program microsoft office excell. Setelah microsoft office excell keluar untuk masuk ke dalam visual basic, hal pertama kali yang dilakukan adalah mengklik daerah tools kemudian akan timbul macro kemudian klik visual basic.
untuk latihan pertama kita akan akan mencoba mengkalikan 2 variabel yaitu a dan b. sebelum memasukkan listing program, hal yang dilakukan dahaulu yaitu mengklik insert lalu userform. setelah userform keluar kita akan mencoba menganti label name yang ada di username menjadi 'frmkali'
langka-langkah untuk pembuatan program adalah:
1. buat label dan command botton dengan cara mengklik d tool box kemudian pindah  kan ke userform. untuk label bisa diganti menjadi 'mengkalikan a dan b' sedangkankan untuk commnand bottom diganti dengan 'tutup'. unuk mengganti statement yang ada di label dan command botton dengan cara double klik di daerah label dan commnad botton.


2. ketik listing d program d daerah command botton dan label, Masukan bahasa pemerintahan yang sesuai terhadap tiap label/caption yang digunakan. Dim itu memperkenalkan  banyaknya variabel.






















Private Sub Label1_Click()
Dim a, b
a = 3
b = 2
c = a * b
Open "akalib" For Output As #1
Print #1, "hasil kali a dan b"
Print #1, c
Close #1

3. Setelah selesai  run / F5 dan kemudian simpan di document, setelah itu buka file dengan wordpad, berikut adalah hasilnya.

2 komentar:

  1. mas.. berarti dengan kata lain VB agak mirip ke matlab ya.. a kali b..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsep logikanya sama bro Almer tapi syntacnya aja beda

      Hapus