Selasa, 06 Maret 2012

Kuliah perdana Komputasi Teknik

Komputasi teknik merupakan salah satu mata kuliah wajib semester 2 untuk mahasiswa S2 Teknik Mesin. Untuk mata kuliah ini akanakan dibimbing oleh 2 dosen yaitu: Pak Indra dan Pak Aryo. Selanjut kelas akan dibagi 2, untuk konversi energi akan dibimbing oleh Pak Indra sedangkan untuk manufaktur akan dibimbing oleh pak Aryo. Tidak menutup kemungkinan nantinya Pak Indra akan masuk ke manufaktur begitu juga dengan sebaliknya. Untuk kelas selanjutnya akan dilaksanakan di ruangan GK 201 (Laboratorium Komputer)
Adapun nama lain untuk komputasi teknik yaitu Engginer Computation. Untuk memahami komputasi teknik dibutuhkan knowledge, skill dan value. Dulu kebanyakan perusahaan membuat sesuatu produk menggunakan metode langsung maksudnya dengan menerka-nerka seperti apa produk yang akan dibuat sehingga membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Sekarang sebelum suatu produk dibuat dapat dirancang dengan  suatu sistem komputerisasi sehingga berdasarkan simulasi tersebut dapat diketahui bagaimana produk yang dihasilkan tanpa harus diterka-terka.
Salah satu tujuan mata kuliah komputasi teknik adalah agar mahasiswa mampu dengan benar dan baik menjalankan software Engginer (CAD, CAM). Dengan mempelajari komputasi teknik diharapakan mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan matematika dengan bantuan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar