Senin, 19 Maret 2012

the Finite Volume Method for Convection - Diffusion problems

Secara umum metode Finite Volume merupakan salah satu metode membagi suatu hal yang besar menjadi keping-kepingan sehingga pada saat menganalisa sesuatu menjadi lebih mudah ditafsirkan sehingga metoda Finite Volume lebih banyak digunakan dalam CFD.
Apakah itu diffusi???
Diffusi merupakan perpindahan atau  transport molekuler yang bisa terjadi di massa maupun energi. diffusi terjadi pada saat konduksi dalam keadaan steady state. berikut persamaan yang ment

persamaan yang ada dengan nilai integral merupakan kestimbangan nilai flux dalam volume.
salah satu contoh diffusi adalah pemanasan logam,jika kita menyentuh bagian logam lain akan terasa panas juga. hal ini dipengaruhi oleh sifat fisik material atau tingkat diffusi atau kita kenal dengan konduktivitas termal dalam CFDsof dikenal dengan variabel kt.
Pada saat pamanasan fluida dalam ruangan yang di isolasi apa yang akan terjadi???berdasarkan simulasi terdahulu yang sudah di posting, akan ada terjadinya aliran fluida dimana fuida yang mempunyai density yang ringgan akan menuju ke atas sedangkan fluida yang berat akan menuju ke bawah. Fenomena tersebut di pengaruhi oleh gravitasi.
        Untuk memahami lebih lanjut kita harus memahami akan kekekalan masssa,energi dan momentum (bab 2).

2 komentar:

  1. hallo mas eko.. blog yang menarik untuk disimak.. salam jumpa di dunia maya, ditunggu posting selanjutnya. thq

    BalasHapus