Selasa, 27 Maret 2012

Metoda Bisection

Pada pertemuan ini saya akan mencoba membuat Metoda Bisection dengan menggunakan visual basic. Apa dan seperti apa sebenarnya tentang metoda bisection telah saya jelaskan dalam posting sebelumnya tentang metoda iterativ.
Berikut merupakan salah satu contoh soal di bab 3 

algoritma mencari akar-akar dengan metode bisection:
-read: a, b, t (nilai tengah)
-x0 <– f(x0)
-x1 <– f(x1)
-i <– 0
-If  f(x0) = f(x1) then
begin, write x, x1, f(x0), f(x1)
  • x2 <– (x0+x1)/2
-ft <– f(x2)
-i <– i+1
-If f(x0) = f(x2) then x0 <– x2 else x1 <–x2

Berikut tampilan userform


 Syntac Visual Basic

Nilai yang akan dimasukkan yaitu

Hasil tampilan simulasi

Berikut hasil yang di dapatkan secara exact di buku
Kelebihan metode ini : Sangat Simple, konvergen terjamin
Kekurangan metode ini : proses converge lamban.

18 komentar:

  1. o jadi caranya gitu ya da.. kebetulan saya belum mengerti cara membuat programnya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gunanya ngeblog, hal yang kurang di mengerti di kelas dengan meilhat blog yang temen lain InsyaAllah mengerti...Keep Move on Ger...

      Hapus
  2. itu digaris merah seperti pembatas hasil iterasi maksudnya apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari garis merah itu sebenarnya pengen menunjukkan hasil yang dihasilkan melalui VB dengan hasil yang dibuku tidak terlalu jauh....Bro Almer..

      Hapus
    2. Wah mantap sekali nih..Iya memang setelah diperhatikan memang hasil iterasi bisection tersebut tidak berbeda jauh dengan yang di buku..Sukses bro, ditunggu karya-karya selanjutnya..

      salam,

      arandityonarutomo.blogspot.com

      Hapus
  3. Wah, penjelasan yang bagus..
    sungguh memberikan pemahaman tersendiri neyh buat saya..
    terima Kasih..

    BalasHapus
  4. Sama-sama mas Enggar jangan sungkan-sungkan kasih komentar kalau terdapat kesalahan dalam artikel tersebut

    BalasHapus
  5. mas eko nanya!!! : masih bingung nie kenapa errornya yang ditampilkan 55,55 bukan nya yang mendekati nol?

    BalasHapus
  6. sama dengan mas hasnan..kenapa errornya besar banget ya?? sampe 55,55%. otomatis error segitu besar berarti data perhitungan tidak valid dong mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ragil dan Mas Hasnam, kasus error kenapa bisa segede itu saya masih sedikit kebingungan..Udah dicek ulang kayaknya tidak ada kesalahan dalam coding. Ada gak saran dari Mas Haznam atau raglil gimana errornya saya menjadi nol

      Hapus
  7. Mantap postingannya Mas Eko...

    Sungguh informatif, tapi saya juga bingung mengapa Errornya cukup besar...

    visit my blog

    mhs.blog.ui.ac.id/daniel81

    thank you :)

    BalasHapus
  8. iya mas, saya mau bertanya. Kalo boleh tlong dijelaskan darimana aslanya rumus mencari eror tersebut karena saya tidak mengerti. Terimakasih mas ekonya.

    BalasHapus
  9. Sama seperti fajardo, masih bingung dengan rumus error

    BalasHapus
  10. mantabs postinganya, iya kenapa ya erornya bisa segede itu, kayaknya cara penetapan nilai awal yang kurang valid mas eko

    BalasHapus
  11. apakah nilai error bisa kita batasi sesuai nilai toleransinya??

    BalasHapus
  12. wah mas, bagus sekali berhasil ya, saya dari kemarin gagal-gagal melulu. ah saya coba bwt dengan kodingan seperti ini ya
    Terima Kasih

    BalasHapus
  13. Kok dimerahin si mas?lucu amat, supaya mirip sama yang ada dibuku ya?hehehe

    BalasHapus