Minggu, 25 Maret 2012

CFD__Venturimeter

Efek Venturi adalah pengurangan tekanan fluida yang terjadi ketika cairan mengalir melalui bagian terbatas dari pipa. Efek Venturi ditemukan oleh seorang fisikawan Italia yang bernama Giovanni Battista Venturi (1746-1822), .

Efek Venturi adalah efek jet, seperti dengan corong kecepatan fluida meningkat sebagai penurunan luas penampang, sehingga tekanan statis menurun. 
Pada saat fluida melewati penyempitan luas penanmpang mengakibatkan kecepatan fluida yang melewati luas penampang tersenut semakin meningkat sedangkan tekanan yang berada di luas penampang yang diperkecel secara tiba tersebut akan semakin berkurang, hal ini memenuhi prinsip kekekalan energi mekanik.
Dengan demikian laba dalam energi kinetik cairan yang mungkin bertambah karena kecepatannya ditingkatkan melalui penyempitan adalah dinegasikan oleh penurunan tekanan. Persamaan untuk penurunan tekanan karena efek Venturi mungkin berasal dari kombinasi dari prinsip Bernoulli dan persamaan kontinuitas.    

 Dengan persamaan sebagai berikut:











Nah, yang saya pengen bahas adalah kesamaan fenomena antara simulasi CFD dengan sekat pembatas dengan fenomena yang terjadi di venturimeter. Dimana, simulasi CFD yang dihasilkan pada saat sekat pembatas sama dengan venturimeter. Dapat dilihat dalam gambar simulasi kecepatan pada saat pengecilan luas penampang kecepatan aliran fluida  semakin bertamabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar