Kamis, 10 Mei 2012

Unsteady vortex

Dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan mekanika fluida atau dalam bidang konversi energi sering kita jumpai fenomena pusaran air atau yang lebih dikenal dengan vortex. Hal tersebut sering dijumpai pada suatu aliran. Fenomena ini sangat perlu sekali untuk dicermati dan diteliti karena sangat banyak sekali aplikasinya di lapangan. Dalam suatu perancangan sistem yang berhubungan dengan suatu aliran fluida atau di bidang konversi energi hal ini harus menjadi perhatian utama karena sangat berpengaruh nantinya terhadap rancangan tersebut.

Langkah-langkah untuk membuat cortex sheading dengan simulasi CFD
 1. Atur domain, dengan menetapkan panjang, lebar serta jumlah cell yang tiap parameter yang terlah diberikan


 2. Atur model dengan mengaktifkan k-epsilon turbulence) dan fungsi waktu
3. Atur cell dengan membuat wall uang kita ilustrasikan sebagai penampang gedung serta diberi inlet, outlet dan systmetris
4. berikan nilai kosntanta fisikan berupa viskositas dan densitas
5. berikan nilai konstanta sempadan, dimana daerah inlet diberikan kecepatan 5 m/s
6. lakukukan iterasi 


Hasil dari simulasi yang dihasilkan
Saat 1 detik

Saat 4 detik

Saat 7 detik

Saat 10 detik

Saat 13 detik


Simulasi video 
Jika kita lihat, aliran gas membutuhkan waktu untuk membentuk aliran steady state. Setelah detik ke- 13, aliran sudah tidak berubah kembali. Hal itu menandakan aliran telah stabil. Namun tidak dengan aliran di belakang penghalang aliran. Aliran di belakang penghalang mengalami turbulensi dan terjadi olakan. Aliran itulah yang disebut dengan vortex. 
Sehingga dengan adalanya penghalang aliran yang tidak berbentuk streamline, maka akan menyebabkan terjadinya vortex tepat di belakang penghalang aliran. Hal itulah yang menyebabkan gangguan pada pesawat terbang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sayap pesawat terbang dibuat streamline sehingga aliran yang melewati sayap pesawat dapat dengan sempurna mengalir dan dapat menyebabkan gaya angkat pesawat yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar