Rabu, 23 Mei 2012

Menghitung Pressure Drop dan Ketinggian h pada Aliran

Nah,pada postingan kita akan mencoba menjawab soal dari Buku Munson 8.20 yang berkaitan dengan bagaimana mencari pressure drop dan ketinggian h pada aliran. Fenomena Pressure drop atau lebih dikenalkan dengan penurunan tekana disebabkan adanya gesekana antara partikan fluida tersebut dengan permukaan benda atau adanya gesekan fluida dengan bdang batas.

Adapun parameter yang diketahui dari soal :
Spesifik weight minyak = 8900 N/m3, densitas (rho) minyak = 890 kg/m3, viskositas minyak = 0,10 N.s/m2, diameter pipa = 23 mm = 0.023 m, panjang pipa = 0,5 m.Berapakah pressure drop dan range dari h bila aliran minyak adalah laminar?

Seperti yang kita ketahui untuk aliran laminar nilai Bilangan Reynolds batasannya adalah ≤ 2100 sehingga persamaan menjadi :










dengan mengaceu persamaan bernoulli :









JIka kita asumsikan z1 = z2  serta  v1 = v2 dan karena aliran yang terjadi berupa aliran viskos laminar, maka persamaan yang berlaku berupa persamaan dengan adanya penambahan faktor gesek sehingga  persamaan akan menjadi :

Sedangkan persamaan pressure drop secara keseluruhan yaitu:
Karena di asumsikan aliran yang terjadi adalah laminar maka dicari dahulu nilai dari f (friction) dengan men ggunakan persamaan berikut :
Untuk mencari ketinggian manometer dapat digunakan persamaan sebagai berikut :
Sehingga nilai ketinggian manometer menjadi :



1 komentar:

  1. mas ada no hp nya ndak?saya mau konsultasi nih...taufik 081218711681

    BalasHapus