Kamis, 19 April 2012

UTS Komtek soal no 2


2. Untuk Soal no 1. Tentukan, secara numerik, hambatan pelat tersebut. Bandingkan dengan hasil analitis. Jelaskan jawaban saudara

Seperti yang telah dibahas di no 1. Ketika di dinding kecepatan fluida makn kecil karena adanya tegangan geser yang bekerja di dinding pelat. Hal ini diakibatkan karena adanya hambatan bagi kecepetan aliran fluida yang bekerja. Selain disebabkan oleh tegangan geser, kecepatan makin kecil di dinding pelat adalagi faktor dari sifat fluida tersebut yaitu viskositas. Viskositas merupakan tingkat kekentalan dari fluida tersebut. Semakin kental suatu fluida membuat nilai viskositasnya semakin tinggi sehingga laju aliran fluida yang bekerja pada fluida akan semakin susah. Sebaliknya jika fluida tersebut encer maka tingkay viskositas fluida tersebut rendah sehingga jika kita berikan kecepatan pada fluida tersebut makin tinggi. Hambatan yang lain berupa koefisien  gesek dari dari pelat fluida.
Adapun hubungan tegangan geser dengan koefisien gesek yaitu

Sedangkan persamaan untuk mencari besarnya tegangan geser yaitu
 Kalau kita hubungan 2 persamaan diatas maka akan menjadi
Untuk perhtungan du/dy dapat dilakuka dengan visual basic, dimana du/dy di dapatkan dari persamaan yang dihasilkan dari soal 1 
Private Sub CommandButton1_Click()
'Tugas UTS KOMTEK
'Eko Pratama Astin (1106108034)
Dim a0, a1, a2, n, y_turunan As Integer
Dim b As Integer

a0 = ekox1.Text
a1 = ekox2.Text
a2 = ekox3.Text
n = pangkat.Text

'y_turunan = 2 * a2*x + a1
'b1 = 2*a2
'b2=a1

b1 = 2 * a2
b2 = a1

Labelb1.Caption = b1
Labelb2.Caption = b2

End Sub
 sehinggga V(x)' = -0.0056 x + 0.0002557

Berdasarkan persamaan rumus yang di dapatkan diatas coba kita masukkan ke Cell 50
Dimana untuk V'(x) kita asumsikan y=0, sehingga V'(x) menjadi

V'(x)= -0.0056 (0) + 0.0002557

Dimana nilai viskositas dan densitas merupakan air sedangkan kecepatan untuk cell 50 = 0.00115 m/s sehingga kalau kita masukkan ke paramter yang ada akan menajadi
Sehingga nilai koefisien gesek pada cell 50 menjadi  0.00034 m/s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar