Minggu, 22 April 2012

Sinopsis Tugas Besar CFD dan Komtek


Penggunaan pipa banyak digunakan oleh umum baik perusahaan-perusahan sebagai pendistribusian air minum, minyak maupun gas bumi. Demikian juga dengan kebutuhan air pada rumah tangga baik itu menggunakan sistem perpipaan air atau penggunaan air tanah , penggunaan pipa ini paling banyak digunakan baik untuk penyaluran air bersih maupun sanitasi. Pipa merupakan sarana pendistribusian fluida yang murah, memiliki berbagai ukuran dan bentuk penampang. Baik berpenampang lingkaran maupun kotakserta material pipa bermacam-macam, yaitu baja, plastik, PVC, tembaga, kuningan dan lain sebagainya.
Pada dunia industri tentunya efisiensi dan kualitas produk yang dihasilkan akan mempunyai nilai lebih  karena dengan efisiensi produk yang tinggi maka biaya yang diperlukan dapat ditekan dan harga jual produk lebih kompetitif. Dan salah satu teknologi yang berguna untuk meningkatkan efisiensi yang tinggi adalah dalam penggunaan pipa dalam pendistribusian fluida cair untuk proses produksi dan kebutuhan air minum, dan lain sebagainya.
Dan dalam pendistribusian air tersebut sering sekali dipakai sambungan pipa (fittings), pipa lengkung, maupun flange. Tetapi dalam pendistribusian fluida yang digunakan untuk membelokan arah aliran fluida dipakailah pipa lengkung atupun elbow. Pipa lengkung maupun elbow terdiri dari bermacam-macam klasifikasi, tergantung dari radius lengkung, sudut lengkung, maupun ada atau tidaknya tangent. Pada dasarnya aliran fluida dalam pipa akan mengalami penurunan tekanan atau pressure drop seiring dengan panjang pipa ataupun disebabkan oleh gesekan dengan permukaan saluran, dan juga ketika aliran melewati sambungan pipa, belokan, katup, difusor, dan sebagainya.
Dengan menggunakan CFD saya akan mencoba menggunakan 2 fluida yatu cair dan gas dengan variasi jenis material.serta sudut elbow.

1 komentar:

  1. Analisa dan perhitungan pressure drop pada semua daerah atau daerah tertentu (flange,fitting,elbow)? Superb..lanjutkan bro..

    BalasHapus